Friday, March 30, 2007

THE POWER OF BELIEVE

Hi guys! Masih inget nggak waktu kita pertama kali masuk SMP, SMA, atau kuliah? Pasti deh ada masa dimana kita mengalami yang namanya MOS atau kalo anak kuliahan bilang tuh OSPEK. Wuihh… masih kebayang nggak sih gimana nyebelinnya MOS atau OSPEK yang kita alami? Tapi setelah kita ngalamin itu, so pasti jadi pengalaman indah yang tak terlupakan. Bener nggak? Harus bener dong!

MOS dan OSPEK. Apa sih yang kalian pikirin begitu denger kata-kata itu? Yup, yang terlintas di otak kita tuh pasti dikerjain ma kakak kelas atau senior di kampus, dikerjain, disuruh-suruh, dikacangin, disuruh bikin yang aneh-aneh, atau malah ada yang sampai digojlog. Lengkap deh penderitaan kita waktu itu!

Tapi kalo nggak kayak gitu, bukan MOS atau OSPEK namanya dong! MOS atau OSPEK biasanya dilaksanakan setelah kita ngejalanin proses yang panjang banget untuk masuk ke sekolah atau universitas yang kita masuki. Mulai dari pendaftaran, ngisi ini-itu, ikut ujian atau seleksi, bayar ini-itu, dan segudang tetek bengek yang lainnya. Nah, setelah ikut MOS atau OSPEK kita tuh bakal bangga banget dan ngerasa sempurna menjadi murid atau mahasiswa. Capek, pusing, stress, dan segala macam rupa bentuk kekesalan yang kita alami bakalan hilang ketika kita selesai MOS atau OSPEK. Sekarang pertanyaannya kenapa kita mau? Coba aja kalo pas MOS atau OSPEK kita bikin surat keterangan dokter yang menyatakan kita gak bisa ikut acara itu dengan alasan kesehatan, bisa aja kan? kenapa juga kita mau ikut acara kayak gituan?

Lain cerita lagi nih, waktu kita sakit tiba-tiba dokter nyuruh kita opname di rumah sakit dan kita dikasih setumpuk resep obat, disuntik tiap hari, bahkan mungkin kita harus dioperasi untuk menyembuhkan penyakit kita.

Opname di rumah sakit tuh nge-BTin, obat tuh nggak enak coz obatnya nggak enak pahit lagi, disuntik tuh mengerikan, operasi tuh menyakitkan. Namun, ketika dokter menyuruh kita, dan kata dokter tuh bisa nyembuhin kita, kita mau-mau aja kok ngelakuinnya. Why?

Sederhana aja sih jawabannya. Kenapa kita mau? Kenapa bisa begitu? Ya, karena ketika berlelah-lelah, berpanas-panas, dan berkesal hati waktu MOS, yang kepikiran di otak kita hanya,”habis MOS aku pasti bakalan jadi siswa di sini seutuhnya.” Sama aja waktu kita disuruh opname, minum obat, disuntik, dioperasi, yang terpikir pasti cuman,” aku pasti sembuh habis ngejalanin penderitaan ini.”

“MOS bakal berlalu” dan “aku pasti sembuh”, karena kita yakin akan itu, jadinya kita mau aja ngelakuin hal-hal yang membuat kita nggak nyaman itu.

Kuncinya adalah keyakinan. Bukti dari kuatnya kata-kata itu adalah Soichiro Honda dan Kolonel Sanders. Kalo Om Honda ga tetep keukeuh memperjuangkan pabriknya yang kebakaran berulang kali, kita nggak bakal naik motor atau mobil merk HONDA. Kalo eyang Sanders nggak tetap bikin resep ayam goreng untuk ke 1000 kalinya, kita nggak bakal makan yang namanya ayam goreng KFC. Keren banget nggak sih mereka?

Dari kegagalan yang dialami, dua tokoh besar dunia ini belajar, bahwa keyakinan atas sebuah keberhasilan yang pasti akan kita capai adalah penguat kita yang akan sangat mempengaruhi usaha kita hari ini dan seterusnya. Nah, sekarang kita punya nggak keyakinan atas apa yang akan kita capai?

Kalo kita nggak punya keyakinan atas apa yang kita perjuangkan maka kita bakalan jadi pengecut. Kita nggak bakal mau ngikutin MOS, OSPEK, DIKSAR di PA, atau Kemah Pelantikan di Pramuka.

Bahkan kalau kita hanya tinggal punya sedikit harapan untuk hidup, mungkin kita terlalu jadi pengecut sampai-samapai nggak berani minum obat, disuntik suster, atau operasi. Apa sih susahnya ngelakuin itu semua?

Di dunia ini memang nggak ada yang nggak mungkin. Tapi kita nggak mungkin tahu kalo kita bakal lulus diksar atau nggak, kita bakal sembuh atau nggak, kita bisa mencapai apa yang kita mau atau nggak. Yang terpikir di dalam otak kita hanya “aku akan sembuh” atau “aku akan lolos”. Hanya tindakan yang dibekali keyakinan yang bisa menjadi benar-benar bernilai.

Oh ya, Bobby de Potetr dalam bukunya yang berjudul Quantum Learning punya pertanyaan yang bagus banget :

Apa yang kamu lakukan jika kamu tahu kamu tak mungkin gagal?”

Apa jawaban atas pertanyaan itu? ya, kita mungkin menjawab,”Gue bakalan ngelakuinnya sesempurna mungkin. Sesuai dengan batas kemampuan gue.” Karena kita ngerasa yakin bahwa kita bisa maka sesulit apapun rintangan yang kita hadapi, pasti deh kita bakalan terus menghadapinya. Ya nggak? Tul nggak?

Nah, kan sekarang kita udah tahu nih kalo keyakinan adalah sesuatu yang penting banget untuk kita miliki, cocok deh ma pepatah barat yang kalo ga salah terjemahannya:


Yakinlah! Karena keyakinan memiliki kekuatan.”

Kemudian pertanyaan selanjutnya nih, gimana dong caranya kita dapetin keyakinan dan gimana biar kita punyai keyakinan itu? Eits… tunggu dulu! Sabar! Orang sabar disayang Tuhan! Baiknya nih, kita tahu dulu bentuk-bentuk keyakinan itu sendiri. oke?

  • Yakin dengan akal

Yaitu keyakinan yang bisa kita buktiin pake akal kita, contohnya kita meyakini kalo 4 adalah hasil penjumlahan antara 1 ditambah 3. Gak percaya? Buktiin aja sendiri! pake kalkulator kalo perlu.

  • Yakin dengan merasa

Contoh yang gampang banget nih seorang arsitek yang lagi merancang desain untuk ngebangun bangunan atau sutradara film pas nyusun skenario. Gedung filmnya aja belum ada, film belum dibikin, tapi mereka bisa merasakan kalo semua itu tergambar jelas & bakalan terwujud.

  • Yakin dengan hati

Ketika yang kita lakukan sejalan dengan bisikan hati, kita nggak menyakiti apapun & siapapun. Seberat dan sesulit apapun perbuatan yang sedang kita lakuin ataupun kenyataan yang sedang kita hadapi akan jadi ringan ga terasa kalau kita yakin. Jadi, keyakinan tuh dateng dari hati.


Orang besar memikirkan kebaikan, orang kecil memikirkan kepentinagn.” [ Konfusius ]


Kita perlu keyakinan saat ngejalanin suatu proses, karena semua butuh proses & kita tahu kalo sebagian besar proses itu nggak gampang buat dijalanin. Emang jalan tol? Lempeng aja! Orang di jalan tol aja kita masih sering nemuin kecelakaan kok! tapi nih ya, walaupun nggak gampang kita tetep aja nggak bisa ninggalin gitu aja. Kita nggak mungkin dong bergantung pada yang gampang-gampang aja alias instan-instan aja?! Yang instan tuh sering berbahaya loh. Contohnya nih, kalo makan mie instan kebanyakan bisa bikin kondisi tubuh rusak. Kalo nggak percaya, tanya aja ma dokter!

Karena yakin, kita jadi kuat. Karena yakin, kita mampu bertahan. Dan karena yakin pula, kita mampu ngejalanin proses seberat dan sepahit apapun. Apa sih yang kita dapetin dari semua itu? Cuma ada satu kata “SUKSES


“Sungguh beruntung orang-orang yang memiliki keyakinan.” [23:1]


Gini nih, di bawah ini ada 2 cara dari sekian ribu cara untuk bisa mencapai SUKSES, untuk bisa jadi orang yang beruntung karena memiliki keyakinan.

  • Pertama : Miliki pandangan yang jauh ke depan

Kalo kita terjebak ke dalam pikiran pendek dan sesaat, mudah banget tuh bagi kita untuk terbawa perasaan. Saat masalah yang kita hadapi seolah mencapai jalan buntu, kita mungkin mudah banget untuk psimistik atau putus asa, nah bisa jadi juga kalo kita lagi dapet keberhasilan, kita jadi terbuai dan lupa.

Pandangan visioner bikin kita yakin saat kesulitan menghadang, kita inget masih ada banyak harapan dan kebahagiaan menanti kita. Kesulitan hari ini bukanlah akhir dari segalanya.

  • Kedua : bersungguh-sungguh, jangan setengah-setengah

Kesungguhan itu adalah tanda dari keyakinan. Dengan bersungguh-sungguh kita akan punya keyakinan. Nggak ada deh hasil yang memuaskan dari perjuangan apalagi perbuatan biasa yang dikerjain dengan setengah-setengah!


Keyakinan nggak untuk cuma disimpan dalam hati aja. Keyakinan itu bekal dalam berbuat, mengaplikasikan potensi. Nggak ada gunanya merancang sesuatu tanpa kita mencoba melakukannya. Nggak ada gunanya pula kalau kita tahu perbuatan mana yang baik kalo kita hanya menyimpannya dalam hati aja. Yakinlah dan lakukankah sesuatu dengan perjuangan semaksimal mungkin!

Coba deh bayangin kalo piala di depan sana pasti benar-benar akan jadi milik kita, kalo universitas favorit benar-benar kita akan masuk ke sana nanti, kalo keinginan kita akan benar-benar & pasti tercapai, nggak ada kemungkinan untuk gagal,. Ketika keyakinanmu bener-bener bulat. Maka susah, berat, dan melelahkannya usahamu hari ini adalah ringan dan menyenangkan untuk hari esok! [12.izky@gmail.com]


Edited by : iYes_sManZa purw0kert0

No comments: